Mengenal Tentang Software Secara Mendalam dan Lengkap

Mengenal Tentang Software Secara Mendalam dan Lengkap

Mengenal Tentang Software Secara Mendalam dan Lengkap – Komputer tidak akan pernah bisa berjalan dengan lancar jika di dalamnya tidak didukung sepenuhnya oleh perangkat lunak (Software). Diketahui bahwa kemunculan software semakin banyak memberikan manfaat untuk para pengguna. Terlebih terhadap kegiatan pribadi hingga umum, sehingga mereka tidak perlu memeras otak untuk mengerjakan suatu hal yang mudah hingga sulit.

Secara umum, software merupakan suatu program komputer yang memiliki kaitan erat dengan perangkat keras (Hardware). Sederhananya software adalah aplikasi yang tersusun oleh berbagai kode bahasa pemrograman untuk menghasilkan kinerja yang optimal sesuai harapan. Sehingga data – data yang tersimpan bahkan digunakan untuk keperluan mendatang bisa dijalankan secara maksimal.

Jenis – Jenis Software Beserta Contohnya

Secara garis besar, software dapat diartikan sebagai pengolah semua data penting yang berkaitan dengan kegiatan manusia. Dan dalam komponen komputer terdapat beberapa jenis perangkat lunak yang harus dimengerti. Dan berikut ulasan selengkapnya!

1. Sistem Operasi (Operating System)
OS atau Operating System merupakan sistem operasi yang bisa menjalankan kinerja komputer. Ini merupakan software paling utama dalam komputerisasi yang memiliki berbagai fungsi pokok, salah satunya adalah menggerakkan prosesor. Diketahui bahwa OS tersebut memiliki layanan tersendiri yang selalu digunakan setiap orang, antara lain;

• Microsoft Windows
Microsoft Windows adalah OS yang paling umum digunakan lantaran memiliki cara pemakaian yang sangat mudah dan sederhana. Sistem operasi ini didirikan oleh Bill Gates yang awalnya hanya menawarkan versi Windows Graphic Environmnet 1.0. Namun kini telah memiliki banyak versi untuk memberikan kenyamanan terhadap para pengguna.

• UNIX
UNIX merupakan pesaing terberat Windows yang diciptakan langsung oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Dari segi penggunaan jelas sekali bahwa para pengguna harus belajar lagi untuk mengoperasikannya. Namun OS yang satu ini dianggap lebih layak untuk kebutuhan kerja.

• LINUX
LINUX pun juga hadir untuk memberikan sentuhan yang sangat mewah. Akan tetapi tidak semua orang menggunakan OS tersebut lantaran sangat sulit dioperasikan. Meski begitu, sistem operasi tersebut telah menjadi populer di awal tahun 2000-an. Dan faktanya banyak pengguna baru yang lebih menikmatinya demi kebutuhan pribadi.

2. Program Aplikasi (Application Software)
Application Software merupakan program pendukung yang digunakan pada bidang tertentu. Dan beberapa contohnya adalah;

• Microsoft Office
Microsoft Office ini merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk aplikasi perkantoran mulai dari mengetik, menghitung, membuat gambar dan lain – lain. Namun aplikasi yang paling sering digunakan adalah Ms. Word dan PowerPoint.

• Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah aplikasi untuk pengeditan gambar dan foto yang di dalamnya berisikan banyak efek. Perangkat lunak ini selalu menjadi andalan para fotografer untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

• Google Chrome
Sementara Google Chrome ialah peramban web terkemuka yang mengantarkan setiap pengguna untuk berselancar di dunia maya. Aplikasi ini memudahkan semua orang untuk mengetahui dunia luar dan informasi terbaru setiap hari.

Mengenal Tentang Software Secara Mendalam dan Lengkap

3. Program Bantu (Utility Software)
Selain itu juga ada program bantu untuk mempermudah sistem operasi dalam menjalankan hal – hal penting. Dan beberapa contohnya antara lain;

• AVAST Antivirus
AVAST Antivirus merupakan aplikasi pelindung komputer yang bisa meretas segala macam ancaman mulai dari trojan, adware, spyware hingga malware.

• Windows Media Player
Windows Media Player ialah aplikasi luncuran Microsoft yang mampu memutar video berdurasi panjang dengan tampilan layar penuh. Sementara itu aplikasi ini juga mendukung semua format video mulai dari VLF, MPEG, MP4, ASF, WMA, WMV dan lain sebagainya.

• Winamp
Winamp dikenal sebagai aplikasi pemutar musik yang hingga kini masih populer. Menariknya aplikasi ini merupakan perangkat lunak berjenis Shareware dan Freeware yang bisa didapatkan dan dibagikan secara gratis.

4. Program Perusak (Malware)
Para pengguna komputer sudah pasti sering berpapasan dengan Malware. Yah, ini merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk menciptakan kerusakan kecil hingga parah terhadap komponen komputer. Jenis program tersebut di antaranya;

• Virus
Sesuai dengan namanya, Virus adalah program yang mampu menginfeksi, merusak, merubah, memanipulasi hingga menggandakan program tertentu. Contoh cara kerjanya menampilkan Backdoor.Zagaban, W32.Beagle.CO@mm bahkan Trojan.Lodear.

• Worm
Tak hanya manusia yang terserang cacingan, tapi juga komputer. Worm merupakan bahasa pemrograman yang memperluas diri terhadap jaringan komputer berlandaskan port. Aplikasi ini terbilang berbahaya karena mampu menguras memori hingga menyebabkan komputer hang, crash atau error secara tiba – tiba. Beberapa contohnya seperti LoveLetter, Code Red dan ADMw0rm.

• Keylogger
Keylogger merupakan aplikasi atau program yang memiliki kemampuan untuk merekam segala aktivitas yang dilakukan keyboard. Sederhananya yaitu bahasa pemrograman tersebut dikenal dengan istilah log. Secara garis besar, program yang satu ini selalu menyerang komputer berpararel khususnya warung internet. Beberapa ciri keylogger yaitu Revealer Keylogger Free Edition 1.4, Keylogger Douglas 1.1 dan KGB Key Logger 5.2.

• Trojan
Ini merupakan software yang berkemampuan untuk menghindari pendeteksian para pengguna. Dalam kajiannya, Trojan bergerak untuk merusak dan merubah sistem operasi. Trojan selalu menyerang komputer inti atau server yang dikendalikan langsung oleh penyerang. Contoh nyatanya adalah Win-TrojanEcokys(Korean), Win-TrojanSubSeven dan Win-TrojanBack Orifice.

• Spyware
Dan Spyware dikenal sebagai software yang bisa mengirim dan mengumpulkan banyak informasi secara ilegal. Biasanya hal ini bertujuan untuk mencuri kode – kode tertentu dari para pengguna untuk mendapatkan informasi penting seperti Username dan Password pribadi atau perusahaan, PIN perbankan, nomor kartu kredit Bank dan sejenisnya. Dan beberapa contohnya yang selalu muncul di komputer adalah Detective Software, Parental Control Software dan PC recorder.

Related Posts