Macam – Macam Software untuk Komputer

Macam – Macam Software untuk Komputer

Macam – Macam Software untuk KomputerKomputer akan berjalan dengan normal dan lancar berkat dukungan software. Secara umum, banyak sekali macam – macam perangkat lunak yang dapat digunakan untuk kebutuhan apa pun. Para programmer dan developer selalu bekerja sama untuk memberikan kepuasan terhadap pengguna komputer. Berdasarkan sumber terpercaya, berikut ini kami informasi 7 jenis software untuk komputer lengkap dengan contohnya.

1. Free Software
Free software merupakan perangkat lunak gratis yang bisa digunakan untuk berbagai versi windows. Dalam kajiannya, ada beberapa software yang terlihat corrupt atau full version. Hal tersebut tergantung dari para pengembang aplikasi tertentu. Baiknya lagi, para pengguna dapat mengunduh atau mengunggah bahkan memodifikasi software tersebut secara gratis. Contohnya seperti VLC Media Player, Google Earth Pro, PES, FIFA dan lain – lain.

2. Freeware
Freeware yaitu software gratis yang bisa dijalankan oleh siapapun baik secara harian hingga tak terbatas. Secara umum, para developer software sengaja merancang perangkat lunak tersebut terhadap masing – masing organisasi, komunitas bahkan lembaga tertentu. Uniknya, software tersebut memiliki hak cipta berlisensi sehingga para pengguna komputer bisa memperbarui versi terbaru secara berkala. Contohnya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, YouTube Downloader, Skype, Adobe Flash Player dan lain sebagainya.

3. Firmware
Firmware adalah komponen perangkat lunak yang berintegrasi pada bagian kontrol paling bawah hingga terhubung pada perangkat keras (hardware). Boleh dibilang bahwa software ini saling berkaitan dengan seluruh program untuk menghasilkan kelancaran dalam penggunaan komputer. Lebih rincinya yaitu program yang hanya menawarkan sistem Read Only. Jadi para pengguna tidak dapat melakukan pengkodean atau pengeditan untuk keperluan lain. Contohnya yaitu BIOS, UEFI, ARCS, Open Firmware, IPFire, m0n0wall, OpenWRT dan sejenisnya.

4. Malware
Malware ialah suatu perangkat lunak yang bertugas untuk membuat kerusakan kecil hingga berat terhadap program komputer yang dikenal dengan sebutan virus komputer. Adapun target utama software tersebut antara lain sebagai penyusup semua sistem operasi, sabotase data penting dan ancaman negatif lainnya. Adapun beberapa contoh Malware yang marak terjadi mulai dari Adware, Spyware, Trojan, Ransomware, Worm dan lain – lain.

Macam – Macam Software untuk Komputer

5. Open Source Software
Sementara itu, Open Source Software dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang digunakan secara umum. Sehingga para pengguna bisa menyebarluaskan, meningkatkan, memodifikasi, mempelajari berbagai kode di dalamnya untuk berbagai kebutuhan. Software ini bisa didapatkan secara gratis dan selalu dimanfaatkan oleh organisasi tertentu berbekal lisensi General Public License (GPL). Contoh Open Source yang sering digunakan adalah Open Office, ClamWin antivirus, Android, Linux, Moodle dan lain sebagainya.

6. Paid Software
Sedangkan Paid Software merupakan perangkat lunak berbayar yang mengharuskan setiap pengguna komputer berlangganan sejak awal hingga per bulan berdasarkan tarif yang ditentukan. Walau telah melakukan pembelian secara langsung atau berlangganan, namun pembeli tidak berhak untuk menyebarluaskan software, sebab tindakan tersebut sangat dilarang dan akan dikenai sanksi khusus bagi para pelaku. Berikut contoh software berbayar yakni Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop dan lain – lain.

7. Shareware
Dan Shareware tak jauh beda dengan Freeware. Dimana software ini merupakan perangkat lunak versi gratis dan bebas download secara suka – suka. Akan tetapi masa penggunaannya sangat terbatas lantaran berbentuk Trial dengan kurun waktu 15 hingga 30 hari. Tujuannya memahamkan para pengguna tentang fitur yang diberikan sebelum melakukan pembelian secara resmi. Contohnya adalah Adobe Acrobat 8 Profesional, WinZip dan lain sebagainya.

Related Posts