Keuntungan Menggunakan Software ERP Bagi Perusahaan

Keuntungan Menggunakan Software ERP Bagi Perusahaan

Keuntungan Menggunakan Software ERP Bagi PerusahaanSetiap perusahaan pasti menginginkan yang terbaik untuk perubahan dan perkembangan bisnis. Tentunya mereka akan membutuhkan software terbaik yang dapat mengatur kondisi akuntansi hingga menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dari pada rencana awal. Diketahui bahwa tak sedikit industri maju yang lebih menggunakan software ERP. Karena kehadirannya dalam perang dagang dan bursa pasar tidak perlu diragukan lagi.

Software Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan perencanaan suatu bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan sesuai harapan. Akan tetapi harga jual perangkat lunak ini terbilang mahal yakni antara Rp 75 hingga 100 Juta. Walau begitu, setiap perusahaan bermutu akan tetap memburunya demi mencapai tujuan yang sebenarnya.

Manfaat Utama Dalam Penggunaan Software ERP

Sudah sangat jelas bahwa software ERP memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahan kecil hingga besar. Sekalipun memiliki harga jual yang mahal, namun ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, yaitu;

1. Cepat Dalam Mengambil Keputusan
Bukan lagi rahasia umum jika setiap perusahaan di bawah kepemimpinan manusia selalu berada di ambang krisis atau mungkin hal buruk lainnya. Banyak terjadi kasus bahwa pengambilan keputusan tidak terlalu signifikan dan terkadang selalu tertunda. Sehingga kondisi itu menyebabkan kerugian yang cukup besar. Namun implementasi software ERP akan membantu setiap manusia untuk mengakses data secara akurat dan pastinya up to date.

Contohnya sangat jelas bahwa tidak mudah dalam menentukan suatu tujuan. Apalagi setiap pekerja memiliki target yang berbeda. Sehingga durasi waktu mereka untuk menggabungkan data penting terasa terpecah – belah. Namun kehadiran software ERP selalu memberikan makna positif. Sehingga semua divisi yang terlibat di dalamnya tidak perlu repot untuk mengelola data, karena hal tersebut telah diatur secara otomatis untuk membuahkan hasil maksimal.

2. Sistem Kerja Mengalami Peningkatan
Diketahui bahwa software ERP berpusat pada integrated, yang artinya selalu mengulang kajian data hingga menyebabkan proses eliminasi. Namun para operator cukup menganalisis keadaan tersebut untuk melakukan pemrograman sekali sentuh. Sehingga data yang mereka kelompokkan tidak amburadul. Karena data yang tertuang di dalamnya akan langsung terintegrasi kepada semua divisi.

Sistem kerja setiap bagian akan mengalami peningkatan. Karena mereka tidak perlu mendatangi beberapa bagian penting untuk menerima data baru dan lama yang akan menjadi target utama. Sehingga para staf tidak perlu mencurigai adanya pengurangan produk setelah pengiriman barang jadi. Dan nantinya mereka tinggal mempercepat perhitungan keuntungan setelah meluncur ke pasaran.

3. Menomorsatukan Keputusan Pelanggan
Tak seperti pada umumnya, dimana pesanan yang telah disepakati oleh pihak konsumen tidak dapat dirubah dalam keadaan apa pun. Salah satu contoh ketika mereka ingin merubah order pada saat hari pengiriman. Hal itu pun bisa saja terjadi karena pembeli adalah raja. Software ERP bisa bekerja secara maksimal setelah mendapatkan persetujuan bersama.

Sebab perangkat lunak tersebut akan memudahkan setiap divisi yang bersangkutan untuk mendapatkan total visibilitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadinya para pelanggan bisa dengan bebas mengatur alur perubahan produk dan akan mendapatkan pesanan yang diinginkan pada jadwal yang sama tanpa mengalami penundaan waktu. Sisi baiknya, kepuasan pelanggan akan merambat pada pelanggan baru lainnya.

Keuntungan Menggunakan Software ERP Bagi Perusahaan

4. Menstabilkan dan Meningkatkan Keuntungan
Di sisi lain, penggunaan software ERP juga bisa menstabilkan dan meningkatkan keuntungan bagi semua perusahaan terkait. Dimana tim yang bertugas di dalamnya bisa menawarkan hingga menjual produk dengan cepat berbekal akses real-time secara akurat. Mereka pun bisa bekerja secara maksimal sekalipun tidak berada di dalam kantor.

Selain itu pun pihak perusahaan sangat mampu untuk mengatur dan mengelola biaya pengeluaran untuk kebutuhan tertentu. Baiknya lagi mereka bisa berhemat untuk bekal masa depan. Sehingga upaya untuk menstabilkan dan meningkatkan keuntungan jadi lebih mudah terencana. Secara tidak sadar, laba yang akan didapatkan semakin banyak bahkan mungkin tidak terbendung setiap harinya.

5. Memperluas Jaringan Bisnis
Lebih dari itu, software ERP juga bisa mengantarkan setiap perusahaan untuk memperluas jaringan bisnis. Dalam contoh kecil, peran direktur akan kesulitan untuk mengatur kenaikan gaji karyawan yang layak mendapatkan bonus tertentu. Mereka bisa memanfaatkan perangkat lunak tersebut untuk mengatur nama – nama divisi secara otomatis yang layak mendapatkan tambahan insentif.

Sehingga mereka yang mendapatkan bonus tersebut akan bekerja lebih giat untuk terus memasarkan produk sesuai pesanan terhadap para konsumen lain baik berskala lokal hingga interlokal bahkan internasional. Secara tidak sadar, peluang direkrut untuk memperluas suatu jaringan bisnis tidak harus turun tangan. Karena hal tersebut akan mengalir dengan sendirinya dengan memanfaatkan sistem terpadu.

6. Menjamin Keamanan Setiap Data
Dan manfaat yang tak kalah pentingnya lagi yakni software ERP bisa menjamin keamanan setiap data penting maupun umum. Suatu misal perusahaan tersebut telah berkembang pesat dan selalu menerima rekrutan baru di setiap divisi. Tentunya upaya untuk menutupi proses harga jual beli boleh jadi sangat sulit. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mudah tanpa harus membocorkan data terhadap setiap divisi.

Yang mana software ERP bisa dijadikan senjata untuk mendapatkan hak akses yang tidak dapat dideteksi oleh setiap karyawan sekalipun mereka terhubung langsung dalam aplikasi yang sama. Ketika ada karyawan yang mundur dari perusahaan, maka mereka tidak bisa mengakses sistem secara bebas di luar kantor. Sebab data yang pernah mereka dapatkan tidak bisa dibawa pergi dengan alasan apa pun.

Related Posts